Senin, 26 April 2010

Prosentase Kelulusan SMA / SMK di Malra Sedikit Menurun, Kota Tual Ada peningkatan


Langgur, VP – Hasil Ujian Akhir Nasional ( UAN ) tingkat SMA / SMK di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual secara resmi telah diumumkan, senin kemarin ( 26/4 ). Dari data yang sementara yang diperoleh Vox Populi dari Dinas Pendidikan Maluku Tenggara dan Kota Tual untuk hasil UAN tahun 2010 tingkat SMA / SMK, prosentase kelulusan sedikit mengalami penurunan, bila dibandingkan pada tahun 2009 lalu.
Berdasarkan hasil pantauan Koran ini pada beberapah sekolah yang melaksanakan pengumuman UAN sejak pagi hingga sore hari yakni SMA Sanata Karya Langgur, dari jumlah siswa / siswi peserta UAN 149 orang, yang lulus 145 orang, tidak lulus 4 orang.  SMA Negeri 1 Kei Kecil, peserta UAN 284 orang, yang lulus 267 orang, tidak lulus 17 orang. Sedangkan SMA Negeri 2 Kei Kecil, jumlah peserta UAN 171 orang, yang lulus 157 orang, tidak lulus 14 orang.
Sementara untuk SMK Pariwisata Langgur, jumlah peserta UAN 17 orang, yang lulus 16 orang, tidak lulus 1 orang. SMK Negeri 1 Kei Kecil, jumlah peserta UAN 260 orang, yang lulus 122 orang, tidak lulus 111 orang dan peserta yang tidak ikut UAN 27 orang. SMK Siwa Lima Langgur, jumlah peserta UAN 155 orang, yang lulus hanya 17 orang dan tidak lulus 138 orang.
Untuk SMA / SMK di Kota Tual, sesuai keterangan Kepala Bidang Pendidikan Dinas Pendidikan Kota Tual, Akib Hanubun, ketika dihubungi Vox Populi via telpon selulerya menyebutkan kalau  sedikit mengalami peningkatan.
Dikatakan, dari  jumlah peserta UAN tingkat SMA / SMK sebanyak delapan sekolah yang tersebar di empat kecamatan yakni berjumlah 748 0rang, yang lulus UAN 665 orang, sedangkan yang tidak lulus hanya 83 orang. Prosentase kelulusan sedikit baik yakni 88,90 %.
Khusus peserta UAN SMA di Kecamatan Tayando pada tahun ini menempati rangking pertama kelulusan terbaik dengan angka 100 % lulus, sedangkan SMA Madrasa di Kecamatan Kur, peserta UAN 36 orang, yang tidak lulus 10 orang.
Bila dibandingkan dengan SMA / SMK di Kota Tual, sedikit mengalami penurunan, hal itu terjadi pada SMA Negeri 2 Tual di pulau Dullah, dari jumlah peserta UAN 39 orang, yang lulus hanya 9 orang. SMA Terpadu, 3 orang tidak lulus dan SMA Muhamadiya hanya 1 orang yang tidak lulus.
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Malra, Martinus Mon, S.Pd ketika dikonfirmasi via telpon  selulernya terkait prosentase kelulusan SMA / SMK tahun 2010, menyebutkan prosentase kelulusan untuk tingkat SMA mencapai 88,11 persen, sedangkan SMK, prosentase yang lulus UAN hanya 37 persen. Kata Mon, prosentase Kelulusan ini sedikit menurun bila dibandingkan tahun 2009 lalu.
Ketika ditanya factor – factor apa yang menyebabkan menurunya angka kelulusan UAN tingkat SMA / SMK tahun ini, Sekretaris Dinas Pendidikan kabupaten Malra itu menyatakan sangat kompleks. “ persoalan ini sangat kompleks, mulai dari kompetensi guru di sekolah yang bersangkutan, manajemen sekolah, dan factor lainya “ katanya.
Kata dia, ini satu proses yang akan terus dibenahi untuk diperbaiki oleh semua stakeholder di bidang pendidikan. (Koran Vox Populi, Maluku Tenggara Edisi 155, Selasa 27 April 2010)   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar