Selasa, 23 Maret 2010

Pelaksanaan Ujian Nasional di Malra Berjalan Aman


Langgur –VP. Sebanyak 1823 siswa/i sekolah menengah atas  di kabupatena Maluku Tenggara senin (22/3 ) kemarin mengikuti ujian Nasional ( UN ).jumlah ini terdiri dari SMA 1200 orang, SMK 440 orang dan MA 183 orang.Pelaksanaan Ujian Nasional tersebut di awali dengan pembukaan sampul bahan ujian Nasional   di  setiap sekolah,oleh para pimpinan eksekutif dan Legislatif,serta para pengawas pada dinas pendidkan  pada pukul 08.00 Wit , setelah itu para siswa/i mengerjakan soal ujian. 
Pada setiap ruangan ujian, para siswa/i di awasi oleh dua guru pengawas.selain itu juga setiap sekolah ada  satu orang pengawas dari Tim Pemanatu Independen ( TPI ) yaitu para dosen politeknik Perikanan Larwul Ngabal Langgur Maluku Tenggara..
Ujian Nasional di tahun ajaran 2009- 2010 ini berjalan aman dan lancar,bila di bandingkan dengan tahun sebelumnya,hal ini terbukti ujian pada hari pertama dan kedua kemarin ( senin – selasa  red),semuanya berjalan baik,walaupun ada beberapa masalah kecil,namun terkait dengan hal teknis dan dapat di selesaikan saat itu juga.
Hal ini diungkapkan  sekretaris Dinas Pendidikan kabupaten Maluku Tenggara ,Martinus Mon S.Pd. Menurut Mon, selama ini pihaknya belum menemukan kejanggalan – kejanggalan  pada ujian nasional di Maluku Tenggara, seperti adanya isu kebocoran soal ujian nasional pada tahun ajaran 2009- 2010.
Dirinya optimis ujian akan tetap berjalan lancar hingga hari jumat mendatang.

Kepsek SMA 2 kei Kecil Dan Al-Hilal Optimis Siswanya Berhasil Di UN

Sementara itu kepala sekolah SMA 2  kei kecil, Z Songupnuan,SPd, optimis  siswanya  akan  berhasil dalam ujian nasional tahun ajaran 2009 – 2010, dengan presentasi kelulusan yang lebih meningkat bila bandingkan pada tahun sebelumnya
Dikatakan, pihknya dalam menghadapi Ujian Nasioanl tahun ajaran 2009 – 2010,telah mempersiapkan anak didiknya untuk mengikuti les tambahan  yang hanya pada mata pelajaran Ujian Nasional, berlangsung sejak bulan Agustuas 2009 hingga awal bulan maret 2010. “para siswa  setelah mengikuti mata pelajaran pada pagi hari dari pukul 08.00 – 13.00 Wit,setelah itu jam istirahat untuk makan siang untuk para sisiwa dan Guru,selanjutnya pada pukul 14.00 – 17.00 Wit lanjut dengan Les tambahan, sehingga saya optimis UAN kali tahun ini akan lebih baik “ jelasnya.
Songupnuan menambahkan bahwa  tujuan Les tersebut bukan saja untuk mempersiapkan para siswa/i  untuk menghadapi ujian Nasional,namun juga sebagai persiapan memasuki perguruan tinggi ( PT ) .
Ditegaskan bahwa  SMA 2 kei Kecil  yang  telah masuk dalam  kategori mandiri,dalam melaksanakan les tambahan selama ini, sangat mendapat respon dari orang tua siswa/I,hal ini terbukti dengan partisipasi orang tua dalam  dukungan dana pada Les tambahan tersebut dengan menyumbang dana sebesar Rp 100.000,- untuk orang. 1 orang siswa/i
Untuk diketahui, jumlah siswa/i SMA 2 kei kecil  yang mengikuti ujian sebanyak 172 orang. Jurusan Bahasa 28 orang,jurusan IPA 73 orang dan jurusan IPS 71 orang.
Menurut  Zongupnuan Jumlah siswa/i pada tahun 2010  ini sangat berkurang bila di bandingkan dengan tahun 2009 lalu.
Sementara itu Optimisme yang sama juga datang dari  kepala sekolah SMA ALHILAL Langgur, Drs.Usman K Leisubun. Menurut Leisubun sebelum menghadapi ujian Nasional,pihaknya sudah mempersiapkan para siswa/i-nya,dengan mengikuti Les tambahan yang  fokus pada mata pelajara Ujian Nasional.
Dikatakan Les tambahan yang dilaksanakan tersebut  gratis, dimana pihak sekolah tidak memungut biaya dari para siswa/i.
Namun Leisubun juga sangat kesal dengan sikap para orang tua  pada SMA Al Hilal Langgur, karena setelah diprogramkan sekolah gratis, animo  orang tua  siswa untuk memberikan  sumbangan secara sukarela kepada sekolah tidak ada lagi,bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya,yang tanpa diminta orang tua siswa memberikan secara sukarela.
Namun kepsek SMA Al Hilal Usman K Leisubun,sangat senang  dan berterima kasih  kepada  pemerintah  Kabupaten Maluku Tenggara,karena pada tahun 2010 ini,sekolahnya sebagai sekolah swasta dalam menerima  dana rutin,sudah naik dimana tahun sebelumnya sekolah swasta hanya mendapat tiga juta lebih,namun di tahun 2010  mendapat  12 juta lebih setiap 1 semester ( 4 bulan ) sehingga dalam setahun menerima 3 kali hingga mencapai 36 juta lebih.
jumlah siswa/I di SMA Al Hilal Langgur  yang mengikuti ujian  Nasional sebanyak 172 orang ,jumlah ini menurun bila di bandingakn dengan tahun sebelumnya
 Jumlah sisiwa  IPA, 56orang, IPS, 85 orang dan  Bahasa, 31 orang
Ujian Nasional ini berlangsung selama 5 hari senin (22/3) – jumat ( 26/3 ),pada hari senin 2 mata pelajaran,jam pertama Bahasa Indonesia untuk semua jurusan,sedangkan jam kedua sesuai jurusan, yaitu  jurusan IPA –Biologi,IPS – Sosiologi dan jurusan Bahasa – Antapologi,sementara hari selasa semua jurusan, pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Pada hari rabu, matematika.
sementara pada hari kamis dan jumat semua jurusan berbeda lagi yaitu kamis  jurusan IPA – Fisika, IPS – Geografi,jurusan Bahasa – Sastra Indonesia, Jumat jurusan IPa – Kimia,IPS – Ekonomi dan Jurusan Bahasa – Bahasa Jerman.
Pelaksanaan ujian  tahun ajaran 2009 – 2010,sangat berbeda dengan tahun ajaran sebelumnya, dimana tahun ajaran ini bagi  para siswa  yang setelah mendengarkan hasil pengumuman  pada tanggal  3 Mei 2010,dan tidak lulus,maka akan mengikuti ujian ulang hanya pada mata pelajaran  yang tidak lulus pada tanggal  10 Mei 2010,sedangkan yang tidak mengikuti ujian karena sakit,maka mengkuti ujian susulan pada tanggal  29 Maret 2010.. ( Oce Leisubun, koran vox populi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar