Jumat, 19 Maret 2010

Menteri PDT Panen Rumput Laut di Letvuan, Tanam Pohon Di Elaar Lamagorang


Langgur,VP- Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Republik Indonesia Ir.H.A.Helmy Faisal Zainy.M.Si,Selasa pagi (16/3) melakukan kunjungan kerja di Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara. Rombongan Menteri PDT yang tiba di Bandara Lanud Dumatubun Langgur, menumpang pesawat Exspres Air, pukul 10.30 Wit dijemput secara adat oleh Pemkab Malra. Acara adat yang dipimpin, Raja Faan, Patris Renwarin, dengan siraman air kelapa muda, menandakan kalau Menteri PDT beserta rombongan diterima sebagai anak adat di bumi Larvul Ngabal.
Ikut serta dengan rombongan Menteri PDT,Isteri Menteri, Santi Anisa,Sekretaris Menteri PDT, Lucky Kora, Deputi Pembangunan Wilayah Khusus, Patak Wiranto,Kepala Biro Perencanaan PDT, Prof.Rusnandy dan Staf Khusus PDT Rata,sedangkan dari Pemprov Maluku diwakili, Wakil Gubernur Maluku, Z.Assagaf.
Usai diterima secara adat, rombongan Menteri PDT disambut Bupati Malra Ir.Anderias Rentanubun dan Wakil Bupati Drs.Yunus Serang beserta unsur Muspida lainnya, setelah beristirahat sejenak di VIP Room Bandara Lanud Dumatubun Langgur, rombongan Menteri PDT dan Muspida Malra langsung menuju Ohoi Letvuan untuk membuka kegiatan Panen Rumput Laut.
Menteri PDT Ir.H.A.Helmy Faisal Zainy.M.Si, pada kegiatan panen rumput laut tersebut mengatakan Pemerintah Pusat saat ini secara terus menerus melakukan langka-langka strategis dan penting demi memamkmurkan masyarakat Indonesia.
Kata Menteri, berbagai program yang berdimensi bantuan sosial kepada masyarakat dapat dinikmati secara langsung masyarakat. Berbagai program itu antara lain, program berdimensi pemenuhan hak-hak dasar mulai dari infrastruktur transportasi,listrik,telekomunikasi,kesehatan dan perbaikan taraf hidup,  sedangkan program berdimensi pemberdayaan masyarakat seperti budidaya rumput laut,nelayan tangkap dan lain sebagainya akan terus digulirkan.
“hari ini kita menyaksikan Panen Rumput Laut di Ohoi Letvuan,saya sangat bangga karena pada kesempatan ini  kita semua menjadi saksi diselenggarakannya Panen Raya Rumput Laut dan sudah barang tentu program tersebut akan menjadi percontohan bagi daerah-daerah lain di Indonesia,untuk itu kedepan kementrian PDT akan memberikan bantuan kepada petani Rumput Laut didaerah ini,” kata Menteri.
Dikatakan,Pempus mencanangkan apa yang disebut tiga capaian penting pengembangan ekonomi masyarakat kedepan yakni,pemerintah akan mendorong angka pertumbuhan pertumbuhan ekonomi masyarakat dari 5% menjadi 7%,pemerintah akan menekan angka kemiskinan selain itu pemerintah juga akan menekan angka pengangguran,kedepan Kementrian PDT akan melakukan langka-langka cepat dalam rangka menuntaskan pencapaian pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Maluku Tenggara seperti yang diidam-idamkan bersama.
“untuk itu dengan upaya kita yang serius mudah-mudahan langka koordinasi yang diambil Pemerintah Pusat,Pemerintah Provinsi dan Kabupaten budidaya Rumput Laut di Kabupaten Maluku Tenggara akan menjadi percontohan,sehingga masyarakat didaerah ini bisa bangkit dan tegar menjadi sebua negeri yang makmur seperti yang kita idam-idamkan bersama,”harapnya.
Usai menyampaikan sambutan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Istri Santi Anisa serta rombongan,Wakil Gubernur Maluku Z.Assagaf,Bupati Malra Ir.Anderias Rentanubun dan Istri Bernadeth Rentanubun,Wakil Bupati Drs.Yunus Serang dan Ibu serta Unsur Muspidah lainnya dipersilakan naik keperahu yang sudah disiapkan masyarakat Ohoi Letvuan menuju ke Lokasi Budidaya rumput Laut untuk melakukan Panen Raya.
Setelah melakukan Panen Raya Rumput Laut,Rombongan Menteri kemudian melanjutkan perjalanan ke Ohoi Elaar Lamagorang, disana Menteri PDT meresmikan proyek Air Bersih Program P2DTK dan Menanam Sejuta Pohon,di Elaar Lamagorang.
Kembali dari dua agenda kegiatan itu, Rombongan Menteri menuju Kimson Center, membuka Musyawarah Cabang III PKB,usai membuka kegiatan Muscab PKB Rombongan kemudian menuju Bandara Lanud Dumatubun Langgur dan menumpangi Pesawat Wings Air Rombongan Mentei PDT pun meninggalkan Kabupaten Maluku Tenggara.(jhon Rahabav)       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar