Minggu, 23 Mei 2010

Sukses Pelayanan Publik, Sukses MTQ


Duet kepemimpinan Bupati Malra, Ir. Anderias Rentanubun, Wakil Bupati, Drs. Yunus Serang dan Sekretaris Daerah ( Sekda ) Malra, Ir. Petrus Beruatwarin selama kurung waktu 2009 -  2010, boleh dibilang sukses dalam mengharumkan nama kabupaten malra di kanca lokal dan nasional, buktinya sesuai catatan Vox Populi, beberapah kesuksesan dan keberhasilan yang diraih Kabupaten Malra pada beberapah bidang pembangunan dan pelayanan masyarakat, tidak terlepas dari peran dan partispasi aktif semua komponen masyarakat di bumi Larvul Nbagal dalam menyukseskan berbagai program pembangunan yang sementara dilaksanakan.
Kalau boleh dikatakan, di tahun 2010, Kepemimpinan Andre – Yunus yang diterpa berbagai persoalan interen dan exsteren dalam menjalankan roda pemerintahan itu, bisa menunjukan jati diri dan exssitensinya kepada masyarakat, kalau mereka hadir ditengah – tengah masyarakat untuk memberikan yang terbaik.
Tropi atau piala citra abdi negara di bidang pelayanan public terbaik tingkat nasional yang diterima Bupati Malra, Ir. Anderias Rentanubun di Istana Presiden RI Jakarta pebruari 2010 lalu, merupakan satu piagam penghargaan pemerintah RI melalui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara ( Menpan ) kepada kabupaten / kota yang dinilai baik dalam menjalankan roda pemerintahan dan pelayanan  masyarakat.
Kabupaten Malra, dinilai pantas menerima piagam pelayanan publik terbaik bersama kab / kota lainya di Indonesia, karena berdasarkan beberapah criteria penilaian team independen Kementrian Menpan RI, Kabupaten Malra dibidang pelayanan public, berhasil membuat inovasi kebijakan, dengan menggratiskan pembuatan kartu tanda penduduk ( KTP ), akte kelahiran, catatan sipil, pendidikan dan kesehatan gratis.
Selain itu dibidang reformasi birokrasi, Kabupaten Malra juga berhasil melaksanakan agenda tersebut, melalui perekrutmen para pejabat eslon II Pemkab Malra yang menduduki jabatan strategis itu dengan dilaksanakan kegiatan uji kepatutan dan kelayakan ( fit and propertes ). Bahkan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah melalui Bintek dan seminar tentang interpreneur dan kepemimpinan juga dinilai berhasil dilaksanakan, atas kerja sama dengan Universitas Gaja Mada Jogjakarta.
Sukses pelayanan public tingkat nasional, boleh dibilang diikuti dengan sukses Kabupaten Maluku Tenggara mempertahankan tropy MTQ tingkat Propinsi Maluku selama tiga decade. Buktinya, pada pelaksanaan lomba  MTQ Ke-XXIII Tingkat Provinsi Maluku tahun 2010, di kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur( SBT ) awal Juni 2010, Daerah yang dikenal dengan sebutan Larvul Ngabal tetap bersinar, sebab piagam MTQ tetap dipertahankan, setelah tiga kali secara berturut – turut mempertahankan tropy MTQ itu sebagai juara umum MTQ di Propinsi Maluku.
Dengan demikian di bidang pembangunan keagamaan, kabupaten malra  berhasil dalam melakukan pembinaan dan kaderisasi serta bantuan teknis dalam peningkatan pembangunan  iman umat beragama. MTQ adalah perwujudan “pesta” budaya rakyat (Muslim) yang bernuansa religius, menampilkan kemeriahan, keceriaan, ketulusan dan kepasrahan kepada Allah, menyatu, membaur dan mengkristal dalam semangat menyiarkan agama Islam (Al Qur’an), olehnya itu kesuksesan kontingen MTQ kabupaten Malra, merupakan bagian dari suksenya pembinaan dan kerukunan antar umat beragama yang selama ini terbina, terjalin dan terpelihara.
Semoga sukses pelayanan public, sukses MTQ menjadi sarana kita untuk tetap bersatu, hidup rukun dan damai untuk kemajuan Maluku tenggara secara lebih baik lagi.  ( nery rahabav )  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar