Selasa, 04 Mei 2010

Kepala Puskesmas Ibra Dituding Gelapkan Dana Kesehatan


Langgur, VP – Kepala Puskesmas Ibra, Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara dituding warga masyarakat Desa Ibra telah menggelapkan dana kesehatan, sehingga tidak melaksanakan tugas secara baik, sebagai pelayan kesehatan masyarakat.
Kepada Vox Populi, Warga Ibra menyatakan kekesalan atas kinerja Kepala Puskesmas Ibra, Y. Ohoinaung yang tidak melaksanaka tugas sebagai pemimpin puskesmas tersebut, apalagi barang – barang inventarisir Puskesmas seperti satu unit computer, lemari, meja, kursi tamu dan kipas angin diboyong yang bersangkutan untuk kepentingan pribadi. “ kami lihat sendiri, barang – barang di puskesmas Ibra dibawah ke salah satu tempat kost kepala Puskesmas di seputaran UN – Tual “ kata warga.
Sementara berdasarkan keterangan yang diperoleh  dari sumber resmi di Puskesamas tersebut menyebutkan, kalau Kepala Puskesmasa diduga telah menggelapkan dana operasional kesehatan tahun anggaran 2008 dan 2009  sebesar Rp 120 juta. Dana yang seharusnya diperuntuhkan untuk  pelayanan kesehatan di Puskesmas Ibra seperti, dana kegiatan UKS, kesehatan lingkungan, pendataan, kegiatan KB, imunisasi dan gisi, dalam pengelolaan terkesan tertutup, diduga disalahgunakan.
Selain itu kata sumber tersebut, dana operasional kesehatan puluhan juta, melalui program bantuan jaminan pelayanan kesehatan masyarakat miskin ( JPKMN ) dalam penggunaanya juga tidak jelas.
Kepala Puskesmas Ibra, Y. Ohoinaung sampai berita ini diturunkan belum berhasil ditemui untuk dikonfirmasi terkait tudingan warga masyarakat Ibra tersebut. ( team vp )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar