Senin, 18 April 2011

SINOPSIS SOSOK RATCHAAP ME UMFIT

Kaum ibu ohoi Yamtel, Kei Besar, dengan tarian adat kei, menyambut pelantikan Rat Me Umfit yang ke 14 Edison Elkel, Sabtu 16 april 2011. ( dok. Koran Vox Populi Maluku Tenggara )


Vox Populi, Kei Besar Rat Me Umfit dengan julukan Rat Let In Dat adalah sebutan kebesaran terrhadap tokoh/Figur atau sosok pemangkuh pemerintah adat tertinggi di kepulauan kei dan lebih kusus di wilayah kekuasaan Rat chaap Me Umfit.dimana eksistensinya di akui sampai saat ini.
Istilah Me Umfit mula-mula berasal dari kata bahasa kei Ime Umfit yang disebutkan oleh Hilaai Tafitik kepada ketujuh anak laki-lakinya yaitu:
1.Tafdod
2.Tabal-bail
3.Soin Ngil
4.Monbokaik
5.Naraha Nifmas
6.Monkil
7.Badmas
Anaknya yang ke 2 (dua) yakni Tabail-bail ditunjuk oleh ayahnya yakni Hilaai Tafitik untuk berdiam di Uhua Yantel yang di sebut Uhua Elken dan menjadi Raja untuk memerintahkan ke 6(enam) saudara laki-lakinya.Penangkatan Tabail-Bail oleh ayahnya Hilaai Tafitik sebagai Raja di kisahkan dalam sebuah lagu Adat Kei (wawar) sebagai Tad dari pada peristiwa tersebut.yakni:
“WEBO WAR UB DAN FATURAK TABAIL-BAIL WAHAN IFO KASIL-KASIL MEL NIWAI TAHAIT,UTAN LOR NI YAIT BAING”.
Artinya:Tabail-Bail yang di angkat oleh bapaknya untuk menjadi Raja di Raatchap Ime Imfit (kamu tujuh orang) dengan Snehat Ain I atau sebagai tanda bukti penangkatan oleh bapaknya Hilaai Tafitik untuk memerintahkan  ke enam anak-anaknya yang lain.Dan menjadi paying untuk melindungi segenap rakyat yang mendiami tanah Tafitik.
Dengan pengankatan Tabail-bail oleh bapaknya Hilaai Tafitik maka keberadaan Rat Me Umfit  pemangku kekuasan pemerintahan Adat Tertinggi di wilayah Raatchaap Me Umfit sebagai pengemban amanat dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta menjamin kebahagiaan masyarakat Me Umfit.
Pada Dasarnya Raatchaap Me Umfit memiliki Luas Wilayah Kekuasaan,dan memiliki masyarakat serta  memiliki Staf pemangku Adat.
Saat ini Ratchaap  Me Umfit memilki 7 Ohoi yakni:
1.Ohoi 1.Ohoi Yamtel
2.Ohoi Waurtahait
3.Ohoi Ngefuit
4.Ohoi Ohoiel
5.Ohoi Waur
6.Ohoi Fako
7.Ohoi Reyamru
Tujuh(7) ohoi tersebut di kuasai oleh Rat meumfit dengan perangkat adat sebagai berikut:
1.Rat Berkedudukan di ohoi yamtel
2.jabatan orangkai berkedudukan di Ohoi El,Ohoi ngefuit,Ohoi waur,Ohoi fako
3.jabatan kubitan (Wiska)berkedudukan di Ohoi waurtahait .
4.jabatan Soa ada pada Ohoi Reyamru
5.yahau Frang (Pasukan Prang) Me umfit ada pada Ohoi Ngefuit .
Dalam sejarah Ratchaap Me Umfit  maka Raja wowot
I MEengangkat kapitan Cina dan Kapitan Bugis serta Mayor Lakui untuk melengkapi perangkat Adat Ratchap Me Umfit pada masa kepemimpinannya selaku Raja kala itu.
Adapun Cakupan wilaya adat Me Umfit terdiri dari :
Sebelah timur dari Soin Fowil Di Ohoi Reyamru  sampai WAHAN WAT KUB di Ohoi Ohoiel.
Sebelah barat dari wahan Ai Kuk Rahareng sampai di Watmadir Elat.Dan oleh Hilaai Tafitik memberi nama atas ‘ Wilayah kekuasaan dengan Nama Tanat Tafitik dengan luas wilaya kekuasaan adat Raatchap  Me Umfik ini maka Tabail-Bail memetakan wilayah kekuasaannya berdasarkan karakterikstik wilayah antara lain sebagai berikut :1.Ohoi Tel Dat yang terdiri dari :Ohoi OhoiEl,Ohoi Ngefuit,Ohoi Waur
2.Mer Ohoi Tel yang terdiri dari.Ohoi Yamtel,Ohoi Waurtahait dan Ohoi Nangan.
3.Ohoi Tel Vaf yang terdiri dari : Ohoi Fako,Ohoi Reyamru,dan Ohoi Lim.
4.Ohoi Tel Farat yang terdiri dari:Ohoi Rahareng,Ohoi Elat dan Difur
Dalam perjalanan sejarah ketika Badmas yang adalah salah satu anak dari Hilaai Tafitik yang tinggal di Rahareng Wasat dan di makamkan di tanat EL Rifai maka oleh Naraha Nif Mas memberi gelar kepada Almarhum Badmas sebagai Rat Ler Mahirin atau raja Matahari miring.dan di saat itulah terjadi pemisahan antara Me Umfit Timur dan Me Umfit Farat dan anak dari almarhum Badmas yang bernama Rangli di angkat menjadi Raja untuk memimpin Rakyat di bagian Meubwao tapi tidak berkuasa atas Tanah Tafitik.
Pada Tahun 1936 terjadi peperangan dan perkelahian antara Ohoi dengan Ohoi yang mengakibatkan pertumpahan darah maka berdasarkan Tita Raja yakni Raja WOWOT II memerintahkan marin kat El untuk berangkat ke pulau Dulllah karena Raja mendengar di pulau Dullah sudah aman sebab ada hokum yang melarang terjadi pertumpahan darah  di tanah Kei
Marin katel bersama Rakyatnya sebanyak 4 belang yakni
              1.Belang Walus
              2.Belang Lamer
              3.Belang Sikrain
              4.Belang Somnaik
Mereka Berangat menuju pulau Dullah untuk mempelajari Hukum Larwul Ngabal
Hilaai Baldu Wahadat dengan Rela memberikan Hukum Larwul Ngabal kepada Kat EL untuk menjadi pegangan dan dapat mengamankan Rakyat Me Umfit secara keseluruhan .
Sebagai tanda pengangkatan Marin Kat EL sebagai Raja Oleh Hilaai Baldu Wahadat adalah Mas RITER DIR YAI dan dikisahkan dalam nyayian adat kei (Wawar) :KAT EL UNEL IDAI ,TAHA FOR DO UDOD RITER DIR YAI,FO TARJO TOMAT.AM LAAI.
Setelah Kat El kembali dari pulau Dullah di jemput oleh Raja Wowot II dan penjemputan itu di kisahkan dalam nyanyian Kei (Wawar) :SA KATEL WELMANDAI LAHAIVUI BANDUD RITER MAN LENG WANG AI NAU INLIIK BADMAS INTUB EL RIFAI.
Artinya:Kat El Langgar Lautan cari hukum Larwul sampai dapat dengan tanda Mas Riter Dir Yai datang dan tinggal di Tanat El Rifai sebagai payung Emas untuk melindungi daerahnya .
Mas Riter Diryai Sebagai Tanda Pengangkatan Raja kepada Kat El Oleh Hilaai Baldu Wahadat, peristiwa bersejarah ini didengar oleh BARVOV TANLAIN  di Watlaar dan akhirnya Barvof Tanlain datang dan mempelajari Hukum Larwul dari Hilaai Kat El dan dengan rela diberikannya kepada Barvof Tanlain dan peristiwa bersejarah ini di beri tanda Yakni FAUT KASNUBAN YAAN WARIN Untuk Mengamankan Maur.
Dari tuturan singkat eksistensis  Raja Me Umfit dalam pemerintahan adatnya maka Periodisasi generasi Keturunan Raja berdasarkan silsilah adalah sebagai berikut:
               1.TAFFITIK
               2.TABAL-BAIL
               3.NAHARA NIFMAS ELKEL
               4.WOWOT I ELKEL
               5.YAMFAAT ELKEL
               6.WOWOT II ELKEL
               7.MAFUN I ELKEL
              8.NAHARA ELKEL
              9.WOWOT III ELKEL
             10.MAFUN II /ALKESANDER ELKEL
             11.SOLEMAN ELKEL
             12.AREN WELEM ELKEL
             13.YOHANIS ANDERIAS ELKEL
             14.EDISON ELKEL
Dari Tuturan singkat Rat Me Umfit atau Rat Ler In Dat,Maka Edison Elkel adalah Anak dari Yohanis Anderias Elkel mereka adalah keturunan lurus dari Hilaai Tafitik.
Demikian Sinopsis Sosok Rat Me Umfit dalam sejarah pengangkatan Rat-Rat di wilayah kekuasaan adat Loor Siswa di kepulauan Kei.
Sinopsis ini dibacakan pada acara pelantikan Rat Me Umfit ke 14., Edison Elkel, Sabtu 16 april 2011. ( nery Rahabav, Koran Vox Populi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar