Kamis, 28 April 2011

Ribuan Jemaat GPM Meriahkan Gebyar Paskah 2011 di Ohoi Elaar


Vox Populi,Langgur – Perayaan Paskah Kristus Gereja Protestan Maluku ( GPM ) yang dipusatkan di Jemaat Elaar, kecamatan Kei Kecil Timur, Kabupaten Maluku Tenggara, senin malam 25 april 2011 berlangsung dalam suasana sukacita, aman dan damai, berkat dukungan semua masyarakat. Hadir dalam perayaan gebyar paskah tersebut, 16 jemaat GPM yang berada di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.
Pada perayaan paskah kali ini, turut hadir Bupati Maluku Tenggara Ir Andreas Rentanubun, Edison Beutaubun,SH,MH Anggota DPR RI,didampingi ibu, Sekertaris Daerah ( Sekda ) Malra,  Ir P.Beruatwarin,M.Si, Ketua Klasis GPM PP Kei Kecil, Pdt A.P Saiya,S,Th serta unsur muspida.
Wartawan Vox Populi, Jeck Hawurubun  yang ikut dalam kegiatan itu melaporkan, acara pembukaan perayaan Gebyar Paskah 2011 diawali penekanan tombol serine secara bersama – sama oleh Bupati Maluku Tenggara Ir Andreas Rentanubun, Edison Betaubun,SH,MH, sekda malra,Ketua Klasis GPM PP Kei Kecil, disaksikan ribuan warga jemaat.
Suasana perayaan paskah tambah meriah, ketika bunyi serine selama 15 menit, bersamaan pelepasan peluncuran kembang api, sekaligus tampil diatas panggung artis asal Kota Ambon, Yochen Amos, yang  terkenal dengan  lagu Dangke Banyak, dan Dingin 2, memecah kesunyian malam itu, dengan lantunan lagu-lagu Rohani.
Prosesi jalan salib hidup mengenang  wafatnya Yesus Kristus ikut  mewarnai perayaan paskah kristus tersebut,akting yang dipertontonkan para pemudah Jemaat GPM Elaar yang melakoni jalan salib hidup yesus kristus dengan hikmat, membuat warga jemaat yang sempat hadir, tak menahan tangisan air mata, melihat sosok yesus yang dianiaya, dipukul, dan dicaci maki demi menebus dosa – dosa manusia
Pada puncak acara  malam sabda dan pujian yang dipimpin Pendeta A.S Saiya,S Th, Ketua Klasis GPM PP Kei Kecil itu mengajak warga jemaat agar menghayati dan mengamalkan pengorbanan diri yesus di Kayu Salib, sebab  disitu terkandung makna yang cukup besar yaitu ketulusan yesus untuk menyerahkan diri seutuhnya.  ” Apa yang dilakukan supaya pemaknaan umat kristen harus terus bertumpuk, pengampunan itu penting, sebab kadang-kadang memaafkan susah,olehnya itu dengan salib inilah dapat mempersatukan kita semua dan bagi pemudah Gereja Prostestan Maluku (GPM) kita selaku umat Kristen dan orang beragama kita harus menjaga toleransi dan keamanan” himbaunya.
Ditempat yang sama, Edison Betaubun, SH.MH, Anggota DPR RI juga menghimbau warga jemaat GPM di Kabupaten Maluku Tenggara,kususnya di Kei Kecil agar jangan terpancing dengan isu-isu provokasi yang  menyesatkan dan ingin menggadu domba serta memecah belah kerukunan hidup antar umat beragama di daerah ini. “ kita jangan terpancing dengan issu – issu agama, karena itu cuma kesalahpahaman orang yang tidak bertanggung jawab “ ujarnya.
Sementara Bupati Maluku Tenggara, Ir. Andreas Rentanubun,dalam sambutanya,mengaku sangat bangga dengan pelaksaan ivent-ivent  keagamaan seperti perayaan gebyar paskah kritus warga jemaat GPM. Rentanubun berharap, masyarakat Maluku Tenggara dapat mengambil hikmah dari perayaan seperti ini, untuk tetap membangun kebersamaan dan kerukunan serta kedamaian dalam kehidupan sehari – hari. “ Pemkab Malra akan tetap membantu dan mendorong kegiatan keagamaan, dan pembangunan sarana tempat ibadah yang di daerah ini “ tandasnya
Dalam acara perayaan paskah kristus di Jemaat GPM Elaar, Panitia perayaan Paskah mengucapkan banyak terimah kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara,karena telah membantu panitia dalam mempersiapkan peryaan paskah bersama jemaat GPM Elaar. Kurang lebih  sebulan, panitia mempersiapkan segala kegiatan sampai dengan malam perayaan,dalam acara puncak kegiatan tersebut, panitia perayaan juga menyantuni sumbangan bagi anak-anak yatim piatu,yang berada di jemaat GPM Elaar.
Acara hiburan pada malam itu, tak kalah Bupati Maluku Tenggara,Ir Andreas Rentanubun dan Edison Betaubun,SH,MH Anggota DPR RI diundang ke atas pentas panggung gebyar malam paskah untuk menghibur  warga Jemaat dan masyarakat  di Kecamatan Kei Kecil Timur yang hadir pada acara itu. Bupati Rentanubun tampil dengan lagu kesayanganya, yang berjudul Bintang.  ( Koran Vox Populi, Jeck Hawurubun   )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar