Minggu, 24 April 2011

Prosesi Jalan Salib Hidup Warnai Perayaan Jumat Agung di Langgur

Prosesi jalan salib hidup orang muda katolik di Paroki Langgur, Keuskupan wilayah Kei Kecil pada perayaan jumat agung. 2011. ( dok. Korabn Vox Populi )


Vox Populi, Langgur – Perayaan Jumat Agung, di Paroki Langgur, pusat wilayah keuskupan Kei kecil, kabupaten Maluku Tenggara, jumat 22 april 2011  penuh hikmat. Perayaan memperingati wafatnya Yesus Kristus yang dipusatkan di Gereja Katedral Langgur, diawali dengan prosesi jalan hidup.
Prosesi jalan salib hidup, yang mempraktekan kisah sengsara Yesus Kristus, dikoordinir langsung oleh orang muda katolik ( OMK ) Paroki Langgur. Anton Savsavubun, guru Bahasa Inggris SMP St. Theresia Langgur, berperan sebagai Yesus. Prosesi itu berawal dari depan Gereja Katedral Langgur, dengan memanggul salib, peran yesus yang dilakoni Savsavubun benar – benar dihayati dan dimaknai, sehingga dengan beban berat, dipukul, dianiya dan dicacimaki oleh para algoja, yesus tetap setia menanggung semua beban berat yang dipikul untuk menebus dosa - dosa manusia.
Rute perjalanan prosesi jalan hidup, mengelilingi Langgur menuju Wisma Unio Projo, kemudian berputar di depan RS. Hati Kudus Langgur untuk seterusnya menuju lokasi perayaan 100 tahun agama katolik masuk di Langgur.
Dalam prosesi itu, banyak umat yang tak menahan tangisan air mata, melihat sosok yesus yang diperankan Anton savsavubun dipukul dan dianiaya, ditengah – tengah memikul salib sampai ke bukit saitun Golgota. Upacara Jumat Agung di Paroki Langgur, dihadiri ratusan umat Katolik, yang dipimpin langsung Pastor Paroki Langgur. ( Nery Rahabav, Koran Vox Populi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar