Senin, 18 April 2011

Pelantikan Raja Yamtel Tidak Dihadiri Para Wakil Rakyat Malra

Bupati Malra, Ir. Anderias Rentanubun ketika memberikan sambutan pada acara pelantikan Rat Me Um Fit ke 14, Edison Elkel, di Ohoi Yamtel, Kecamatan Kei Besar, Sabtu 16 april 2011 ( dok. Koran Vox Populi )


Vox Populi, Kei Besar – Upacara Pelantikan Raja Yamtel atau dikenal dengan sebutan Rat Me Umfit, pada sabtu 16 april 2011, tidak dihadiri para wakil rakyat malra khususnya anggota DPRD Malra asal daerah pemilihan Kei Besar. Warga masyarakat Kei Besar sangat menyesalkan prilaku para wakil rakyat seperti itu, apalagi ditengah acara berlangsung, pada setiap acara pembukaan sampai penyambutan, ada sapaan yang terhormat pimpinan beserta anggota DPRD Malra, namun sampai acara pelantikan itu selesai, tidak satupun para wakil rakyat yang datang.
Anehnya, para wakil rakyat kota Tual walaupun ditengah kesibukan  yang ada, Ketua DPRD Kota Tual, R.M. Waremra, S.Ap dan Wakil Ketua, Ny. Eva Balubun, serta anggota DPRD Tual, Meky Rumteh berkesempatan hadir pada acara pelantikan Rat Me Umfit ke 14.
Para tokoh masyarakat Kei Besar sangat menyesalkan ketidak hadiran para wakil rakyat Malra dalam memenuhi undangan masyarakat. “ kalau diundang resmi dalam acara seperti ini mereka ( para wakil rakyat malra ) tidak datang, nanti dekat pemilu baru muncul dengan berbagai intrik untuk merayu rakyat, nanti kita lihat saja di pemilu legislatif 2014 “ kesal salah satu tokoh masyarakat yang minta namanya tidak dikorankan.
Acara pelantikan Rat Me Umfit ke 14, Edison Elkel akhirnya berlangsung dalam suasana aman tanpa gangguan. Hadir dalam acara itu, Bupati Malra, Ir. Anderias Rentanubun, Wakil Bupati, Drs. Yunus Serang, Sekretaris Daerah ( Sekda ), Ir. Petrus Beruatwarin, Msi, Ketua DPRD Kota Tual, R.M. Waremra, S.Ap dan Wakil Ketua, Ny. Eva Balubun, dan unsur Muspida setempat.
Rat Me Umfit ke 14, Edison Elkel, akhirnya dilantik oleh Raja Dulla, Gasim Renuat dalam satu upacara adat kei, dengan pakaian kebesaran adat.
Bupati Malra, Ir. Anderias Rentanubun dalam sambutanya, mengatakan moment pelantikan  Rat Me Umfit ke 14, sangat penting untuk lebih memperkuat tali persaudaraan, persatuan antar dan inter masyarakat adat di lingkup Me Umfit. “ saya hanya berpesan kepada Raja yang baru dilantik, agar semua perbedaan yang terjadi pasca pemilihan sampai acara pelantikan harus segera dilakukan pendekatan secara kekeluargaan untuk diselesaikan secara baik, sehingga tidak ada perpecahan, didalam masyarakat “ pesan Rentanubun.
( Nery Rahabav, Koran Vox Populi Maluku Tenggara )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar