Kamis, 28 April 2011

Dinas Pendidikan Optimis Hasil UN Kota Tual Bisa Capai Hasil Maksimal

Bupati Malra, Ir. Anderias Rentanubun ketika meninjau pelaksanaan UN tingkat SMP di SMP Budhi Mulia Langgur, senin 25 april 2011 ( dok. Koran Vox Populi )


Vox Populi, Tual – Kepala Dinas Pendidikan Kota Tual, Drs. Saifudin Nuhuyanan optimis hasil ujian nasional tingkat SD – SMU/ SMK di Kota Tual tahun 2011 bakal mencapai hasil maksimal, karena para guru di setiap sekolah benar – benar mempersiapkan siswa / siswi sejak dini melalui berbagai kegiatan belajar ekstra seperti les tambahan dan pemantapan setiap mata pelajaran oleh para guru sebelum pelaksanaan UN. “ saya optimis hasil UN Kota Tual tahun ini capai hasil maksimal, kalau tahun 2010 lalu, kita seratus persen lulus, namun untuk tahun 2011, kita menuju kepada peningkatan kwalitas dan mutu pendidikan, sehingga hasil yang dicapai siswa adalah kerja keras dan kemurnian UN “ tandsnya.
Nuhuyanan mengaku, sesuai pemantauan Diknas atas proses pelaksanaan UN SMA dan SMP di Kota Tual, bahan soal UN tidak terlalu sulit untuk dapat diselesaikan para siswa, bila dibandingkan tahun lalu. “ jadi lima paket soal UN dibagi kepada 20 siswa didalam satu ruangan, dengan kode yang berbeda, sehingga kemurnian UN tetap berjalan “ tandasnya.
Dikatakan, sampai saat ini tidak ditemukan kebocoran soal UN atau kunci jawaban di setiap sekolah pelaksana UN, karena para pengawas ditugaskan untuk ikut mengawasi semua proses pelaksanaan UN. “ jadi tidak ada peluang para guru bantu siswa selesaikan pekerjaan UN “ kata Kadis Pendidikan Kota Tual.
Saifudin Nuhuyanan, berharap melalui UN, kwalitas dan mutu pendidikan dapat terukur secara baik, sebab kemurnian pelaksanaan UN tahun 2011 benar – benar terjaga. “ kalau UN tahun 2010, ada ujian utama dan ujian susulan bagi yang tidak lulus, namun untuk tahun 2011, tidak ada lagi ujian susulan, sebab ujian yang dihasilkan cuma satu kali, jadi kalau misalnya di satu sekolah hanya 80 % lulus, maka itu saja, yang sisa 20 % tidak lulus nanti ikut ujian lagi tahun depan “   ungkap Kadis Pendidikan Kota Tual.
Dikatakan, penentuan kelulusan dipadukan 60 % nilai UN dengan 40 % nilai ujian sekolah. ( Nery Rahabav, Koran Vox Populi  )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar