Jumat, 13 Mei 2011

Sukses MTQ Elat, Bukti Komitmen Pemkab Malra Bangun Kei Besar

Lokasi pelaksanaan MTQ ke XXIV di Lapangan Wakatran Elat, Kei Besar. ( dok.Koran Vox populi )

Vox Populi, Elat – Sukses pelaksanaan, dan penyelenggaraan MTQ ke XXIV di Kota Elat, Kecamatan Kei Besar, sabtu 7 Mei 2011, tercatat sebagai momen sejarah baru selama kepemimpinan Bupati ke Bupati yang memimpin Kabupaten Maluku Tenggara sejak didirikan. Sejak tahun 1970 –an, MTQ pertama dilaksakan di Kei Besar, maka ditahun 2011, dimassa kepemimpinan Bupati Malra, Ir. Anderias Rentanubun dan Wakil Bupati, Drs Yunus Serang , dikenang warga masyarakat di wilayah itu sukses menyelenggarakan event keagamaan itu yang kedua kalinya.
Duet Rentanubun – Serang, pemimpin yang merakyat, dan memiliki  komitmen kuat untuk membangun masyarakat itu, akan terus mendorong pembangunan segalah bidang demi kesejatraan masyarakat. Antusias warga dan partisipasi semua golongan agama di pulau Kei Besar untuk ikut menyukseskan kegiatan akbar keagamaan ini, menunjukan semangat yang terpatri tidak akan tergoyakan berdasarkan falsafa adat kei ain ni ain, vuut ain mehe ngifun, manut ain mehe tiluur ( kita semua orang sudara – red ).
Bupati Malra, dan Sekda malra, Ir. Petrus Beruatwarin, M.Si serta para Muspida ketika tiba di Kota Elat sabtu sore, diterima secara adat bernuansa Islami. Ratusan warga Kei Besar bersama para Kafila dari enam kecamatan melakukan pawai keliling kota Elat diiringi drum bund SAM Savio Katlarat. Bupati Rentanubu  mendapat sambutan yang meriah dan hangat dari warga Kei Besar, kegiatan pawai berakhir di lokasi tempat penyelenggaraan MTQ XXIV di lapangan Wakatran
Ditengah Guyurnya Hujan, Warga Kei Besar Nekad Basah ikut Pembukaan MTQ
Sementara itu pada upacara pembukaan MTQ XXIV di lapangan Wakatran, sabtu malam, ribuan warga masyarakat kei besar baik dari golongan agama islam, kristen protestan dan Katolik, nekad basah kuyub untuk datang mengikuti kegiatan akbar bernuansa islam itu, buktinya ditengah derasnya hujan warga masyarakat tetap setia mengikuti jalanya acara pembukaan MTQ sampai selesai.
Hadir dalam acara itu, Bupati Malra, Ir. Anderias Rentanubun, bersama Ibu Rentanubun, Wakil Bupati, Drs Yunus Serang bersama Ibu, Sekretaris daerah ( Sekda ) Malra, Ir. Petrus Beruatwarin bersama ibu, Ketua DPRD Malra, Alex Welerubun SH bersama para anggota DPRD Malra, para Muspida, Ketua MUI, Wakil Uskup Wilayah Kei Kecil dan Kei Besar, Ketua Klasis GPM, para tokoh masyarakat, adat, pemuda dan seluruh komponen masyarakat serta para Kafila dari enam kecamatan yang ada di Kabupaten Malra.
Kegiatan keagamaan bernuansa islam itu diawali dengan lantunan ayat suci al – qur’an yang dibawakan Ustad Samsudin Difinubun, kemudian dibuka dengan iringan lagu Indonesia raya dan mars MTQ oleh paduan suara Cantemus. Selanjutnya diikuti pengibaran bendera MTQ, dari paskibra SMA N 1 Elat.
Ketua pantia, Drs Jufri Renoat dalam laporanya mengakui kegiatan MTQ itu terlaksana berkat bantuan dan kerja sama semua komponen masyarakat di Elat – Kei Besar, termasuk dukungan dan partisipasi yang sangat besar dari Wakil Uskup bersama umat Katolik dan Ketua Klasis GPM bersama umat Kristen Protestan di Kei Besar. “ atas dukungan dan bantua n itu, atas nama panitia ucapkan banyak terimakasih kepada Wakil Uskup dan Ketua Klasis GPM bersama umatnya yang ikut membantu terlaksananya event dimaksud “ ungkapnya.
Renoat juga menyebut beberapa nama pengusaha terkemuka yang punya andil besar dalam membantu panitia MTQ seperti Pengusaha Ati, Maksi Ohoilulun, Sudja Toatubun dll.  Dia juga melaporkan kalau peserta kafila dari enam kecamatan yang ikut lomba MTQ XXIV di Elat, berjumlah 545 peserta, dimana peserta terbanyak adalah kecamatan Kei Kecil Timur yang datang dengan peserta lomba dan pendukung sebanyak 150 orang, disusul Kei Besar Selatan 150 orang, Kei Besar 105 orang, Kei Kecil Barat 55 orang, Kei Besar Utara Timur 45 orang dan Kei Kecil 40 orang. ( nery rahabav, Koran Vox Populi Kabupaten Malra )

1 komentar: