Kamis, 03 Juni 2010

DPD KNPI Malra Bertekad Sukseskan Empat Program Unggulan

Kontingen MTQ Kabupaten Maluku Tenggara berhasil mempertahankan tropy MTQ, setelah tiga kali berturut - turut menjuarai lomba MTQ tingkat propinsi Maluku di Kota Bula, Kabupaten SBT beberapah waktu lalu. tampak para Kafila MTQ Malra berpose bersama Wakil Bupati, Drs Yunus Serang dan Ketua DPRD Malra, Alex Welerubun, SH beserta unsur Muspida ( dok. Koran Vox Populi )
 
Vox Populi – Langgur,  Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Maluku Tenggara Periode 2010-2013 bertekad untuk mengusung dan mendorong serta mensukseskan program-program Pemkab Malra,dengan fokus konsentrasi pada  empat (4) program unggulan yang disesuaikan dengan kondisi dan karakteristis Kabupaten Malra,diantaranya sektor kebudayaan dan keparawisataan,sektor perikanan dan kelautan,sektor otonomi daerah dan sektor olahraga.
Demikian pidato politik, Ketua DPD KNPI Malra, Hasan Amin Difinubun.SH,pada acara Pelantikan Penggurus DPD KNPI Malra Periode 2010-2013 yang berlangsung di Balroom Kimson Center,Senin (31/5).
Menurut Difinubun, sektor Kebudayaan dan Keparawisataan menjadi sorotan KNPI Malra, karena kedepannya interaksi manusia antar negara tidak lagi dibatasi dengan sekat-sekat antara wilayah-wilayah yang berbedah,hal tersebut merupakan suatu tantangan terbesar yang harus disikapi KNPI sebagai wadah Kepemudaan. “ orang dari luar negeri akan dengan mudah berkomunikasi lewat internet dan media massa sehingga akan mempengharui aspek budaya di Malra, sedangkan sektor Perikanan dan Kelautan menjadi sorotan karena di Malra hampir sebagian besar wilayahnya terdiri dari laut, dengan demikian potensi yang perluh digarap dan dioptimalisasikan untuk kesejahteraan masyarakat yakni sektor Perikanan dan Kelautan,KNPI Malra akan tetap mendorong Pemkab Malra dalam mendatangkan Investor untuk berinvestasi di Malra dengan menciptakan iklim keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif “ tegasnya.
Sementara pada sektor Otonomi Daerah, kata Ketua KNPI Malra perlu dilakukan penguatan kompetensi daerah,peningkatan pelayanan publik,mendorong terbentuknya propinsi maluku tenggara kepulauan. “ KNPI Malra sudah bertekad untuk menjadi lokomotif dan inisiator dalam pembentukan propinsi maluku tenggara raya dan dalam waktu dekat KNPI malra akan bentuk dan fasilitasi tim untuk mendukung perjuangan tersebut “ tandasnya. Ditegaskan, KNPI malra tetap sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan propinsi maluku tenggara raya.
Kata Difinubun, peningkatan program KNPI Malra di bidang olahraga dalam rangka mempersiapkan kader-kader muda yang cerdas dan sehat untuk lebih fokus pada pembangunan masa depan,terkait sektor ini kabupaten malra memiliki Keseblasan faforit yakni Persemalra sehingga perlu ada konsentrasi penuh agar tim persemalra selalu eksis dan berkelanjutan di kanca sepak bola nasional.
Dikatakan,disisi lain KNPI sebagai organisasi berhimpun dan wadah independen KNPI tetap mengedepankan sifat kritisme,selalu memberikan masukan,mengawal kinerja pemerintah sehingga kedudukan KNPI sebagai organisasi independen yang bermitra dengan pemerintah, benar-benar menunjukan jati dirinya.
”apa yang saya sebutkan tadi merupakan sesuatu yang tidak mungkin terjadi atau mustahil terjadi apabilah tidak ada dukungan dari teman-teman pengurus KNPI,Pengurus Majelis Pemuda Indonesia,DPD KNPI Propinsi Maluku dan seluru jajaran yang ada di kabupaten malra,sehinga apa yang kami cita-citakan dan inginkan dapat berhasil dan sukses serta terlaksana dengan baik,sekali lagi saya minta dukungan dan dorongan moril maupun matril dari semua pihak agar KNPI malra sebagai wadah berhimpun yang menjadi laboratorium kader pemuda tetap eksis dan menunjukan program-program unggulannya,”pintah Difinubun.
Ketua KNPI Malra Hasan Amin Difinubun menandaskan,KNPI sebagai wadah berhimpun juga merupakan konsekuensi logis dari kemajemukan dan keanekaragaman masyarakat indonesia yang terdiri dari berbagai kultur,budaya,wilaya dan adat istiadat,oleh karena itu sebagai suatu relaitas keseharian yang perlu disyukuri sebagai suatu anugerah Tuhan yang tak ternilai harganya. Kata dia, relaitas tersebut menuntut KNPI untuk lebih profesional,kompetitif dan visioner untuk tetap menunjukan eksitensinya dalm mengabdi kepada masyarakat,bangsa dan daerah.
“oleh karena itu sengaja pada pelantikan malam ini KNPI Malra mengangkat thema Pengutan Kapasitas Kelembagaan Dalam Mempertegas Peran Dan Polah Kemitraan,Mewujudkan Masyarakat Maluku Tenggara yang Bermartabat,sehingga fokus yang saya sebutkan diatas merupakan pokok konsentarsi perjalanan DPD KNPI Malra periode 2010-2013,”imbuhnya.
Penguatan kapasitas kelembagaan,kata Ketua KNPI sebagai wadah berhimpun OKP atau pemuda, maka KNPI secara institusi perlu melakukan proses pembenahan dan konsolidasi yang intensif,untuk lebih siap dan matang dalam mengemban peran kemitraan KNPI,langka-langka konkrit yang akan diambil yakni pengutan personil dan individu yang ada didalam KNPI,hal tersebut dimaksud agar personil dan indivudu KNPI selalu siap intelek,bermoral dan siap sebagai pemimpin atau lebih sering dikenal sebagai proses regenerasi. “ penguatan kelembagaan perlu dilakukan dalam upayah menggerakan strukur kepengurusan agar lebih pro aktif dan fleksibel,pemberian kewenangan yang seluas-luasnya untuk merencanakan dan melaksanakan serta mengerakan setiap programnya masing-masing,mempertegas peran kemitraan secara konstitusional “ jelasnya.
kemitraan KNPI kata dia telah diamanatkan dalam undang-undang nomor 8 tahun 1985 tentang organisasi kemasyarakatan,kedudukan dan kemitraan tersebut perlu mengimplementasikan dan dilakoni secara profesional,kompoten dan berdaya saing.(jhon rahabav, Koran Vox Populi Malra) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar